(Tangkapan Layar Anime Suzume no Tojimari)

"Suzume no Tojimari" adalah film petualangan fantasi animasi Jepang tahun 2022 yang diproduksi oleh CoMix Wave Films dan didistribusikan oleh Toho. Film ini mengisahkan seorang gadis SMA dan seorang pemuda misterius yang berusaha mencegah serangkaian bencana di seluruh Jepang. Proses produksi film ini dimulai pada tahun 2020, dengan naskah ditulis dan disutradarai oleh Makoto Shinkai. 

Berkisah tentang perjalanan Suzume yang dimulai di sebuah kota yang tenang di Kyushu (terletak di Barat daya Jepang) ketika dia bertemu dengan seorang pria muda yang mengatakan kepadanya, "Saya sedang mencari pintu." Apa yang Suzume temukan adalah satu pintu lapuk yang berdiri tegak di tengah reruntuhan seolah terlindung dari malapetaka apa pun yang melanda. Tampaknya ditarik oleh kekuatannya, Suzume meraih kenopnya... Pintu-pintu itu mulai terbuka satu demi satu di seluruh Jepang, melepaskan kehancuran pada siapa pun yang berada di dekatnya. Suzume harus menutup portal ini untuk mencegah bencana lebih lanjut.

Penayangan perdana film Suzume no Tojimari di televisi Jepang membuat para penggemar disana terkejut. Sebab terdapat kejadian aneh dimana dua kota yang dikunjungi tokoh utama film tersebut dilanda gempa bumi. Seorang pengguna twitter memposting dua gambar peta pusat gempa dan mencatat bagaimana Suzume melakukan perjalanan ke dua kota yang sama, dalam urutan tersebut. "Sejak siaran pertama Suzume, gempa bumi telah terjadi sesuai urutan perjalanan Suzume." 

Gempa dengan kekuatan awal magnitudo 6,9 terjadi di dekat Kepulauan Ogasawara di Samudra Pasifik, selatan Tokyo pada Sabtu 27 Januari 2024. Badan Meteorologi Jepang mencatat gempa tersebut terjadi sekitar pukul 17.36 waktu setempat pada kedalaman sekitar 540 kilometer. 

Gempa juga dirasakan di prefektur Miyagi dan Fukushima di timur laut Jepang, serta di prefektur Ibaraki, Chiba, dan Saitama dekat Tokyo. Gempa bumi Jepang tersebut juga tercatat oleh Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Menurut USGS, gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,5 dan mengguncang wilayah Kepulauan Bonin Jepang pada kedalaman 503,2 km (312,7 mil).

(Damar Pratama Yuwanto/berbagai sumber)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama